Senin, 04 Juli 2011

MENEBARKAN SALAM

A'udzubillahi minassyaithanirrajim,
Bismillahirrahmanirrahim,

Pada suatu ketika Rasulullah saw bersabda kepada para sahabat:
 " Kamu tidak akan masuk syurga hingga kamu beriman (percaya), dan kamu tidak beriman hingga kasih sayang terhadap sesama.
Sukakah kamu ku tunjukkan sesuatu jika kamu kerjakan timbul kasih sayang diantara kamu.
Lantas para sahabat menjawab: Mau, Rasulullah.
Dan Rasulullah pun melanjutkan: Sebarkanlah Salam diantara kamu
(HR Muslim dari Abu Hurairah ra).

Hadits diatas menggambarkan bagaimana ajaran kasih sayang yang diajarkan didalam Islam. Diatara sesama muslim saling mendo'akan dengan menebarkan salam. Bahkan dihadits lain dikatakan bahwa memberikan salam bukan hanya dengan orang yang sudah kita kenal baik, tetapi bahkan dengan orang yang belum kenal sekalipun. Nach inilah salah satu ajaran islam yang terbaik (HR Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash ra.)

Adapun tatacara yang dilakukan Rasulullah saw dapat kita baca di berbagai kitab yang diantaranya adalah mengucapkan salam ketika akan memasuki rumah seseorang (QS. 24:27), saling bersalaman ketika bertemu dengan sesama muslim maupun ketika berpisah dsb. Yang berjalan memberikan salam kepada yang diam atau duduk, yang sedikit kepada yang banyak, yang berkendaraan kepada yang berjalan, yang kecil kepada yang besar dst. Dan bahkan didalam suatu hadits yang diriwayatkan dari Abu Umamah Albahily ra, Rasulullah saw menyatakan bahwa yang memberi salam terlebih dahulu adalah seutama-utamanya manusia bagi Allah dan juga dinyatakan bahwa orang yang dekat dengan Allah-lah yang akan terlebih dahulu memberikan salam (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi).

Marilah kita menebarkan salam diantara kita sesama muslim dan semoga dengan saling mendo'akan ini Allah swt akan melimpahkan rahmah dan barokah-Nya kepada kita semua yang gemar menebarkan salam ini. (AZ)

Tidak ada komentar:

Don't Forget Klick The Green Bird and Post You're coment Thank You.